9 Tips Extreme Menaikan Penghasilan Online

Setelah mendapatkan penghasilan dari pekerjaan online, sebaiknya anda segera ekspansi untuk mengembangkan diri anda ke area yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang ke kantong, sehingga ketika salah satu income mengalami penurunan kita sudah mempunyai backup penghasilan.

Sebagai pemula, mungkin anda membutuhkan “fast money” untuk mengumpulkan modal ataupun juga untuk membangun porfolio bagi yang bermain di area jasa seperti freelancer, fiverr atau web design secara independen. Berikut ini saya berikan informasi seputar peluang untuk mendapatkan uang cepat di Internet.

1. Menjadi Penulis Artikel.

Silahkan main ke ads.id service disana kalian bisa menjual jasa sesuai dengan keahlian kalian, dan salah satunya yaitu menulis. Bisa menulis artikel bahasa Inggris atau bahasa Indoenesia dan dengan membuka jasa seperti ini anda akan mendapatkan uang langsung ketika pekerjaan selesai. Atau kalau ingin menjadi pemasukan tetap, kalian bisa mengambil/menjual jasa update blog sekaligus bulanan.

2. Menjual Jasa Design.

Untuk saat ini fiverr masih menjadi salah satu ladang bagi kalian yang ingin terjun ke freelance design (membuat logo, membuat design tshirt, membuat flayer, membuat header website). Kalau bisa sekaligus mendaftar di beberapa website freelancer sehingga ngga terpaku hanya dari satu service saja ordernya.

jual jasa fiverr.

Kalau kalian sudah expert, mungkin juga bisa bergabung di 99designs untuk mengikuti kontest design yang hadiahnya tentu lebih besar, tapi karena tujuan kita mendapatkan uang cepat maka sebaiknya cari job yang begitu selesai maka kita mendapatkan bayaran. Berikut ini list web yang mirip dengan fiverr:

peopleperhour.com
guru.com
upwork.com
freelancer.com
microworkers.com
gigbucks.com
designcrowd.com
workmarket.com
project4hire.com
crowdspring.com

3. Menjadi Reseller/Dropshipper.

Udah tahu kan kalau marketplace di Indonesia itu menjamur kaya kacang goreng? dan disinilah ada peluang kalau kalian jeli. Dengan bermodalkan gambar yang lebih baik dan resolusi yang bagus mungkin kalian akan bisa menjual lebih baik dari kompetitor kalian. Sebagai gambaran seperti ini.

Ketika saya berikan gambar seperti ini, atau orang sedang mencari produk kacamata anak ini, mana yang akan lebih menarik untuk dibeli? Yup saya kasih yang berwarna kotak merah itu lebih menarik walaupun harganya lebih mahal, ini disebabkan faktor:

a. Gambar yang menarik dan high resolution
b. Status toko yang gold merchant

Jadi meskipun sama barangnya kalau kalian punya tampilan yang lebih meyakinkan, barang akan lebih laku di bandingkan dengan yang lain, dan ini bukan cuma omong kosong, saya buktikan dengan gambar dibawah ini:

Saja jual dengan harga 57.000 + ongkir 9.000 = 66.500

Kemudian saya membeli ke seller lain dengan harga 25.000 + ongkir 9.000 = 34.000 (profit 32.000) dikurangi cashback jadi saya masih profit 30.000/item.

Coba kalau kalian mau mengedit gambar-gambar produk yang laku keras dan mengupload ulang ke marketplace lain, tentu sales akan semakin banyak kan 🙂

Nah untuk mencari supplier sebenarnya mudah, contohnya di tokopedia :

cara cari supplier

a. Ketik produk yang mau dicari
b. Urutkan berdasarkan penjualan
c. Filter jabodetabek (agar pengiriman lebih cepat dan biasanya dari jabodetabek banyak pilihan seller yg ready stock kalo stock ditempat lain kosong)
d. Cari yang gold merchant aja
e. Filter yang memiliki bintang 5 atau minimal 4 kalau sellernya sedikit.

Note: Untuk seller dicek satu persatu aja storenya dan cari yang seller aktif, minimal ada keterangan ( sekitar 3 jam yang lalu, sekitar 1 jam yang lalu) semakin sering online semakin bagus. dan jangan lupa juga kontak dulu sebelum melakukan order dropship.

Mau tips bagaimana membuat design yang high resolutin dan memiliki CTR yang tinggi? tunggu update selanjutnya ya di blog ini hehehe

Oke sekarang kita masuk ke pembahasan tips extreme menaikan penghasilan online anda. Anggaplah kalian sudah mendapatkan income dari 3 sumber diatas (menulis kontent, menjual jasa design atau menjadi dropshipper/reseller) nah pada tahap ini sebenarnya waktu yang tepat untuk mengembangkan asset online anda, salah satunya mungkin belajar lagi secara mendalam tentang menjadi publisher adsense, facebook marketing, list building dll.

Disini saya akan bagikan 10 tips yang bisa anda lakukan untuk income jangka panjang/pasif income.

A. Kalau Anda suka menulis:

#1 – Buat Blog (boleh gratis blogspot/self hosting)

Saya sarankan kalau mau gratis mendaftarlah di blogspot, karena tujuan akhir kita nanti akan di monetize dengan Google adsense. Tulislah artikel yang mengikuti kaidah-kaidah SEO dan artikel yang anda tulis berdasarkan riset, Jangan menulis berdasarkan apa yang anda mau tapi menulislah berdasrkan kebutuhan pembaca, salah satunya bisa dengan melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword planner atau Google trend.

Tool pendukung lainnya seperti Grammarly juga patut dicoba untuk membetulkan grammer pada penulisan artikel.

Membuat blog ini tujuanya adalah jangka panjang dan sebisa mungkin menjadi pasif income kita kedepanya, jadi mulailah dengan brainstroming dan membuat planning tentang niche apa yang akan anda garap, jangan sampai sudah ditengah jalan anda bosan dan mengganti niche (walaupun sah-sah saja tapi untuk pemula 1 tahun pertama lebih baik rawat blog dengan kontent yang bermanfaat untuk pembaca dan istiqomah)

#2 – Buat Blog Khusus Review Product.

kalau ini, saya sarankan harus menggunakan TLD (top level domain) langsung, bisa .com,.net atau .org. dan pastikan menggunakan hosting berbayar, ngga usah yang mahal-mahal dulu yang penting kalian pilih server di US karena target visitor kita dari negara US.

untuk blog review sebaiknya kalian bergabung di Amazon Associate, selain ini merupakan e-commerce terpercaya di US, barang yang dijual juga banyak sehingga kalian tidak akan kehabisan ide untuk membuat review produk. Tips dari saya baca term dan policy sebelum bergabung, karena amazon saat ini menerapkan beberapa aturan yang kadang kita abaikan, misalnya : kita tidak boleh menampilkan bintang/review langsung dari halaman amazon, atau kita juga ngga boleh menampilkan harga karena bisa saja pada saat pengujung datang harga sudah berubah, silahkan dicari informasinya ya 🙂

B. Kalau Anda suka Design

#3 – Buat Tutorial di Youtube.

Kalau kalian pintar membuat karikatur, logo, tshirt design, vector maka setiap kegiatan yang kalian lakukan dengan software design seperti CorelDraw atau Phosotshop lebih baik di dokumentasikan dalam bentuk video, dan nantinya video ini bisa kalian upload ke Youtube.

Banyak sekali Youtuber yang sukses dengan mengupload “bagaimana membuat design tshirt, Photo manipulation, membuat kartun dengan photoshop” dengan mendapatkan ratusan bahkan jutaaan viewer, nah kalo ini anda lakukan maka selain membangun pasif income nantinya dengan memonetize dengan iklan, anda juga akan banyak memiliki video yang tentu saja semakin hari akan semakin banyak viewernya dan anda tidak perlu report dengan urusan customer support misalnya, hanya cukup dengan mengupdate kontent video.

#4 – Buat Custom Design untuk Gift.

Saat ini, trend membuat custom gift card sudah booming dan tentu saja peluang ini bisa kalian manfaatkan menjadi income kedepanya. Mengapa memilih custom design? karena hanya dengan submit satu design saja, maka design kita bisa di cetak ke berbagai produk seperti Mug, Tshirt, sarung bantal, tas dll.

Beda dengan membuat design dengan membuka jasa atau mengikuti kontes yang akan selalu kita kerjakan begitu ada order, dengan mengupload design ke website seperti zazzle, redbubble atau cafepress maka kerja kita hanya diawal saja, tapi sekali lagi ini bukan fast money karena kita harus membangun brand dan porfolio kita disana.

#5 – Buat Font, Themes, Short Animatio atau Photo Stock

Sistem royalti akan anda dapatkan seumur hidup selama masih ada penjualan dari produk yang anda upload, produk-produk template flayer, Font, Themes, Photo stock, Vector merupakan item yang sangat di butuhkan di era digital saat ini, nah website seperti crativemarket, themeforest, envato, shuterstock meraupakan tempat yang cocok untuk mengupload hasil design/kreatif anda.

Jangan dianggap enteng ya, untuk satu font saja jika royalty yang kita terima sebesar $2-$5 dan terjadi penjualan ribuan copy, maka penghasilan kita juga akan besar, sudah banyak yang memanfaatkan website-webiste ini untuk mendapatkan pasif income melaui royaly.

#6 – Membuat Footage Video

Industri video saat ini berkembang begitu pesat, sehingga video footage sangat dibutuhkan untuk mendukung video promosi, presentasi atau bahkan perfilman. Contoh video footage pesawat take off atau landing saja bisa terjual $50 – $100 tergantung resolusi yang di inginkan. Silahkan cek di web pond5 untuk referensi kalian.

C. Kalau Anda suka Music

#7 – Buat background music/sound effect

Sama seperti membuat font, themes dan animation. Jika anda mahir memainkan piano misalnya, anda bisa membuat background music untuk dijual dan mendapatkan royalty. Anda bisa bergabung di Audiojungle atau Audiosocket untuk mensubmit hasil kerja kalian dan akan mendapatkan royalty sesuai dengan jumlah download.

C. Kalau Anda suka Programming

#8 – Buat Software

Anda ahli dibahasa pemograman C++, C#, Visual basic, Php, Phyton dst maka ini bisa anda kembangkan menjadi sebuah software. Banyak sekali ide software yang bisa dibuat, misalnya saja software billing, software editing video, software editing photo, software download YT video dll.

Nah dengan menjual software seperti ini anda akan mendapatkan income yang terus menerus/pasif income. Bahkan saat ini kalian bisa membuat software tanpa harus tahu coding, misalnya untuk software yang berkaitan dengan otomatisasi pekerjaan di komputer kalian bisa belajar Ubot atau iMacros.

D. Kalau Anda suka Mengajar

#9 – Buat Tutorial berbayar/Premium

Product creation juga merupakan sumber income yang bisa anda nikmati terus menerus selama ilmu yang anda ajarkan tidak saturated dan masih dibutuhkan, contohnya jika diatas kalian sudah upload video ke youtube bagaimana cara membuat karikatur di Photoshop, maka kalian bisa menawarkan ke subcriber anda untuk membeli CD paket full complete yang mengajarkan step by step dari awal.

Tawarkan juga support atau tool tambahan lain misalnya plugin photoshop, brush tambahan dll agar semakin menambah nilai jual produk anda. Untuk merekam tutorial yang anda buat, bisa menggunakan software camtasia atau snagit.

Pada tahap selanjutnya anda bisa mengembangkan ilmu-ilmu lain yang berkaitan satu sama lain dan mendukung pekerjaan anda di online, Atau bisa juga membentuk sebuah team untuk bekerja bersama dan dengan sharing profit.

Misalnya membentuk/mengumpulkan para penulis dan membuat jasa penulis kontent yang lebih luas lagi dengan merambah pasar luar. Semoga 9 ide ini bisa menambah wawasan kalian bagaimana cara menaikan penghasilan online kalian.

Untuk kalian yang suka dengan blogging dan ingin menambah wawasan ketingkat yang lebih advanced, silahkan baca Megacontent Ver.3 Blogging System tool-tool premium sudah saya siapkan untuk mendukung dan menambah pundi-pundi income anda ke tingkat yang lebih advanced. Silahkan kontak No WA yang ada di halaman tersebut untuk mendapatkan diskon 1Jt dan spesial bonus software Ezdomain.

Jangan lupa share jika bermanfaat 🙂

Mr.M
 

Assalamualikum bro and bray, perkenalkan nama saya Misbah aka Mr.M, Di blog ini kalian akan menemukan banyak tips seputar make money online. Saya sendiri sudah fulltime online sejak 2008 dan semua ilmu akan saya share disini … see u