Google Adword Keyword Planner Tampilannya Berubah Dratis

Bagi kalian yang suka meresearch kata kunci menggunakan Adword Keyword Planner mungkin sudah merasakan efek dari kebijakan Google terbaru, yaitu hanya menampilkan hasil pencarian dengan menggunakan range data. Kalau dulu kita bisa tahu secara details pencarian sebulan dengan angka pasti misalnya 49,500 tapi saat ini Google keyword planner hanya akan menampilkan 10k-100k. Kenapa ini bisa terjadi?

Google Keyword Planner sudah menjadi kebutuhan bagi pengiklan dan juga SEO untuk mendapatkan ide kata kunci dan juga volume traffik untuk kata kunci tertentu. Tool ini sangat membantu untuk menemukan kata kunci dengan traffik terbanyak yang di ketik di mesin pencari Google dan juga membantu para pengiklan untuk mendapatkan kata kunci dengan persaingan rendah. Tapi sejak berubahnya tampilan keyword planner ini, informasi yang disediakan menjadi bias dan sangat susah untuk dibaca.

Bukan saja individual yang dibuat Google panik haha, tapi banyak juga penyedia keyword research harus memutar otak untuk mendapatkan sumber kata kunci yang bisa menjadi patokan agar softwarenya bekerja, salah satunya harus menyewa jasa pihak ketiga.

Tampilan keyword planner terbaru

Lihatlah tulisan diatas untuk kata kunci “asam urat”. Google mengatakan “This page shows ranges for search volume. For more detailed view, set up and run campaigns”.

Tidak Ada Campaign Tidak Ada Data … Maaf

Kira-kira itu yang dikatakan Google secara halus, kalau kalian ingin mendapatkan data yang details maka silahkan buat campaign di Google Adword sebagai pengiklan dan masukan billing info beserta deposit (pakai kartu kredit/transfer). Baru setelah itu kalian akan mendapatkan informasi details seperti dibawah ini.

tampilan adword keyword planner terbaru

Lihatlah hasil diatas, kalau sebagai advertiser sangat membantu untuk mengetahui kompetisi pengiklan. Kalao sebagai SEO kita bakalan tahu berapa traffik perbulan yang bisa kita dapatkan hanya dengan menembak kata kunci tersebut. So, bagi kalian yang masih ingin menikmati fasilitas hasil research yang valid, kalian harus jadi aktif advertiser. (wajar kalo pemerintah mulai minta pajak ke Google ya hahaha)

Alternatif Google Keyword Planner

Apakah ada alternatifnya? alternatifnya ada tapi berbayar. Bagi beberapa kalangan dengan budget SEO rendah tool-tool SEO memang dirasa mahal (termasuk saya wee) ini hanya untuk research keyword, belum check kompetisi, belum cek backlink kompetitor, belum chek 10 top ten .. auh puyeng. Semoga saja Google mendapatkan hidayah dan segera mengembalikan seperti semula ya teman-teman 🙂

Oke, sekian dulu artikel intermezo kali ini, semoga kalian tidak sedih dengan keputusan Google ini dan tetap semangat untuk melanjutkan perjuangan wkwkw

Mr.M
 

Assalamualikum bro and bray, perkenalkan nama saya Misbah aka Mr.M, Di blog ini kalian akan menemukan banyak tips seputar make money online. Saya sendiri sudah fulltime online sejak 2008 dan semua ilmu akan saya share disini ... see u