2

Apa Sih Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah pekerjaan atau bisa disebut juga sebuah profesi yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk memasarkan suatu produk fisik atau digital dan mendapatkan komisi jika terjadi penjualan. Biasanya kalo affiliate marketing identik dengan online dan para pelakunya di sebut online marketer. Okelah kita akan lebih jelas lagi akan membahas apa sebenarnya affiliate marketing, bagaimana cara kerjanya.

Mungkin sebelumnya kalian sudah pernah mendengar apa itu affiliate ya, dan kalau kita lihat di forum terbesar warrior forum banyak sekali ebook, video bahkan “guru” yang mendapatkan banyak income hanya dengan menjadi affiliate dan berkerja dari rumah, semudah itukah? Apakah benar pekerjaan menjadi affiliate benar-benar menjanjikan income seperti yang digambarkan? pada artikel ini kalian akan belajar dan mengetahui secara jelas dan gamblang dan tentu saya sudah menjalani sebagai affiliate marketer sejak 2009. Penghasilan tertinggi saya menjadi affiliate marketer pernah mendapatkan income sebesar $25,000 dari sebuah produk jasa di US dan Allhamdulillah bisa buat beli rumah.

affiliate marketing adalah

Bagaimana Cara Affiliate Marketing Mendapatkan Income?

Prinsip dasar affiliate marketing adalah sangat sederhana, dimana kita cukup menyarankan, merekomendasikan orang lain untuk membeli sebuah produk baik jasa atau barang dengan menggunakan link khusus yang sudah terintregasi dengan id/tracking kita, dan begitu terjadi penjualan maka kita akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi bervariasi mulai dari 4% sampai dengan 70%. Cara ini sebenarnya sama aja kalau didunia konvensional kita menjual produk jasa atau produk. Misalnya kita menjual mobil sebagai agent, kemudian ketika terjadi penjualan maka kita akan mendapatkan komisi.

Bedanya dengan cara konvensional, online affliate marketing harus tahu banyak seputar, membuat website, memilih produk yang tepat, promosi melalui SEO, PPC dll. Untuk produk fisik sendiri biasanya memberikan komisi yang tidak terlalu besar, antara 4% – 7% artinya jika produk yang kita jual dengan harga 1 juta maka kita mendapatkan komisi 40rb – 70rb. Berbeda dengan produk digital, produk digital bisa memberikan komisi mulai 50% – 70%, ini karena produk digital tidak memerlukan ongkos produksi ulang dan stock. Kalau kalian ingin mencoba, silahkan daftar menjadi affiliate klikmisbah disini.

Mengapa Banyak Orang Ingin Menjadi Affiliate Marketer?

Kalo saya jawabannya karena kita bekerja bisa dari manapun dan bebas memiliki waktu dengan keluarga. Tapi ingat, ini tidak bisa dicapai hanya dalam hitungan hari, kalian harus menyisihkan waktu untuk benar-benar mempelajari seluk beluk seputar internet marketing dan affiliate. Saya sendiri dari memulai sampai dengan menghasilkan butuh waktu 1,5 tahun dan itupun baru hitungan ratusan dollar.

Dari berbagai alasan yang muncul ketika ngobrol dengan sesama affiliate marketer, kira-kira ini alasan mereka mengapa ingin menjadi seorang affiliate marketing:

1. Investasi yang Tidak Menguras Kantong. Bahkan dengan modal 1 domain dan hosting (kira2 300rb) kita sudah bisa memulai menjadi affiliate marketer dan mempromosikan produk-produk di webiste/blog kita. Investasi yang terbanyak adalah di waktu, waktu untuk belajar, waktu untuk praktek dan waktu untuk istiqomah dengan apa yang sudah kita pilih.

2. Jadi Boss Untuk Diri Sendiri. Enak kan kalo punya kantor jaraknya hanya beberapa jengkal kaki dari kamar tidur? mengatur sendiri jam kerja, mengatur sendiri keuangan dan yang terpenting semakin rajin kita bekerja maka hasil yang kita dapatkan untuk kita sendiri.

3. Ngga Perlu Keahlian Khusus. Bisa menulis dengan baik, sukur-sukur bahasa Inggris itu udah cuku untuk menjadi affiliate marketer. Kalo belum berani target luar ya paling tidak market lokal dulu, banyak kok produk-produk yang memberikan komisi yang gede, misalnya produk-produk kesehatan, bahkan persales ada yang diatas 1 juta lho.

affiliate marketing indonesia

4. Blog sama dengan aset. Sebagai blogger atau internet marketer, blog atau website adalah sebuah aset. Dimana selama aset ini mendatangkan traffic Insya Allah aset ini akan terus menghasilkan pendapatan. Gimana caranya? Ya tulislah blog kalian dengan kontent yang bermanfaat dan juga menggunakan kaidah SEO yang benar.

5. Bisa Kerja Dimana Saja Kapan Saja. ini yang paling asik, kita bisa kerja sambil liburan atau liburan sambil kerja. Kita bisa milih mau kerja sambil ngopi, sambil tidur, pake sarung, pake celana pendek, terserah ngga ada yang marah, dan yang terpenting kita mencintai pekerjaan kita sehingga hari-hari terasa sangat pendek sekali karena kita mencintai apa yang kita kerjakan, beda sama dikantor nunggu jam 5 sore itu rasanya lama banget hehehe (pengalaman pribadi).

Bernakah Profesi Affiliate Marketer Menjanjikan?

Ya dan tidak, Saya jawab iya kalau kalian serius dan diawal-awal tentu penghasilan kalian mungkin hanya cukup buat bayar hosting 🙂 dan ketika penghasilan kalian sudah 10x lipat dari kerja kantor anda ini baru yang akan membuat semangat untuk bekerja full time menjadi affiliate marketer. Sama lah kaya pekerjaan lainnya, sebelum jadi dokter juga kan kudu belajar tahunan, sebelum jadi arsitek juga harus praktek menggambar denah berpuluh-puluh kali sebelum bener. Kalau kalian belajar dari guru yang bener, mengikuti semua langkah-langkah yang diberikan, kalian bisa menjadi fulltime affiliate marketer, seperti saya yang sudah menginjak tahun ke-8 2016 ini.

Berapa Banyak Penghasilan Yang Bisa Saya Dapatkan Dari Affiliate Marketing?

Please jangan berfikir internet marketing bisa kalian lakukan hanya hitungan hari, ini butuh waktu. Sebagai contoh, ketika membangun sebuah blog affiliate, saya membutuhkan 3 sampai 6 bulan bahkan 1 tahun untuk mendapatkan income. Semua butuh persiapan, domain, hosting, artikel, produk, SEO dll. Bagian terindah dari affiliate marketing adalah, penghasilanya tak terduga haha, kadang bulan ini bisa puluhan, bulan depan ratusan eh bulan depannya recehan 🙂 karena semua tergantung dari banyak aspek trend, produk dan juga Google sebagai penyumbang traffik.

Tips dari saya, fokuslah pada satu jenis sumber income dulu, misalnya affiliate marketing, ya sudah fokuslah disini sampai kalian menghasilkan. Kalau sudah menghasilkan, kalian bisa mencoba ke sumber income lainnya misalnya menjadi publisher adsense, membuat toko online, membuat produk digital sendiri, dropshipping, membuka jasa web design dll. Saya sendiri mulai dari menjadi publisher adsense, kemudian produk cration, web designer, dropshipping, toko online danlain-lain hehe.

Oke cukup sampai disini artikel tentang affiliate marketing ini, di artikel selanjutnya saya akan membahas aturan main yang harus kalian pahami jika ingin menjadi seorang affiliate marketing, jangan lupa subcribe dan selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru ya 🙂 see u

Mr.M
 

Assalamualikum bro and bray, perkenalkan nama saya Misbah aka Mr.M, Di blog ini kalian akan menemukan banyak tips seputar make money online. Saya sendiri sudah fulltime online sejak 2008 dan semua ilmu akan saya share disini ... see u